KERUSAKAN TV SANYO YANG PROTECT

tv sanyo
tv sanyo
Oke guy’s! it’s showtime, pekerjaan pertama aku buka dulu cashing penutup belakang tv dengan melepas 5 buah sekrupnya terlebih dahulu.Setelah terbuka,lalu kutarik keluar mesin pcbnya keluar,kemudian ku cek tegangan B+ dulu(posisi dalam keadaan on),dengan multitester digital andalanku,aku cek tegangan B+ normal 115V, tegangan H.out abnormal 0 volt,hmmmm….(gumamku ada apa ini). Lalu kumatikan tv dan aku cek resistansi di masing2 pin kaki flybacknya, pada pin B+ normal tak ada resistan,pada pin ABL juga normal,pada pin AFC juga normal, pada pin H.out ,uupppsss….!menunjukkan resistan 0 ohm pada multitester digitalku, jadi antara pin GND dengan pin H.out flybacknya short, lalu kulepas saja flybacknya dan ku belikan yang baru, oh iiiyaa….type flybacknya L40B10602 dan type tvnya CG14SP1N Kembali ke pokok permasalahan, flyback baru kudapat dan langsung kupasang, lalu kuhidupkan tv. (suara dari yoke defleksi,bila rangkaian horisontal normal). tv langsung menyala normal, tiba-tiba mak peeettt….tv langsung terprotek(layar padam, lampu led menyala terang), kucoba hidupkan lagi tapi terprotek lagi dan terprotek lagi,dari sini bisa ditarik kesimpulan bahwa antara flyback yang asli dengan yang baru aku beli, ada perbedaan kapasitas kondensator internal FBT, sehingga mempengaruhi tegangan output yang di hasilkannya, akhirnya aku putuskan untuk meng”cut”pusat proteksi pda tv ini, yaitu pada R830 senilai 1Kohm,tv pun bisa menyala dengan normal.

TV apapun sistim nya sama. Kalau selalu standby itu berarti ada beban berat yang dialami power supplynya. Umumnya yang membebani berat adalah adanya kerusakan di transistor power horizontal atau IC power vertikal. Untuk mengetahui yang mana, matikan dan cabut transistor power horizontalnya. Hidupkan kembali. Kalau sekarang posisi standby berubah menjadi normal (tentunya TV masih mati), maka itu dikarenakan transistor itu yang rusak. Coba ganti. Kalau sekarang posisinya tetap di standby, matikan, pasang kembali transistornya dan sekarang lepaskan IC power Vertikalnya. Kalau sekarang posisi standby berubah menjadi normal (mungkin pada layar TV ada garis terang horizontal), maka IC tersebut rusak. Coba ganti.

Naaaah tuh kan.....kalau pakai chassis AC3A cara me-nonaktif-kan system protectnya bukan dengan melepas R830 tetapi dengan membuka solderan pin 24 di IC programnya, silahkan ke TKP

Tidak ada komentar: