banyak hal yang dapat membuat file system Windows pada komputer mengalami kerusakan atau hilang

sfc /scannow
sfc /scannow
Ada banyak hal yang dapat membuat file system Windows pada komputer mengalami kerusakan atau hilang. Seperti karena infeksi virus, karena software yang kita install tidak bekerja dengan benar, file sistem yang terhapus, false alarm atau kesalahan deteksi dari software antivirus, dan lain-lain.
Sebagai contoh adalah virus sality yang terkenal akan kemampuan infeksinya yang cukup “mengerikan” karena yang diinfeksi adalah semua file berekstensi .exe, .scr, dan .com yang notabene merupakan file-file aplikasi untuk Windows sehingga menyebabkan kerusakan pada file-file yang diinfeksi tersebut. Beberapa waktu yang lalu banyak sekali PC yang tidak dapat bekerja dengan benar setelah melakukan update McAfee AntiVirus (McAfee DAT 5958) karena salah satu file sistem utama Windows yaitu file Svchost.exe dianggap virus W32/Wecorl.A sehingga ikut “dibersihkan” oleh sang software AntiVirus.

Jika anda mengalami hal-hal demikian, ada salah satu cara mudah untuk mengembalikan atau memperbaiki file-file sistem Windows tersebut. Cara yang diganakan adalah dengan memanfaatkan fitur bawaan Windows yang disebut “Windows File Protection”. Windows File Protection adalah fitur yang memungkinkan file-file sistem Windows dapat selalu terjaga dengan baik, tidak sampai hilang atau mengalami kerusakan yang menyebabkan PC tidak dapat bekerja dengan benar.

Biasanya ketika Windows mengalami kerusakan pada file-file sistemnya, fitur Windows File Protection akan berjalan secara otomatis untuk berusaha mengembalikan atau memperbaiki file-file sistem tersebut. Tetapi anda juga bisa menjalankannya secara manual jika fitur tersebut tidak juga muncul.

Sebenarnya ini adalah sebuah tips yang sangat mudah dan juga sudah cukup lama, jadi jangan heran kalau sudah banyak yang tahu. Tetapi bagi anda yang belum tahu anda dapat mencobanya suatu saat. Untuk menjalankan Windows File Protection berikut cara mudahnya :

1.) Klik Start -> Run.
2.) Ketikkan “sfc /scannow” (tanpa tanda kutip “”) dan tekan Enter atau klik OK.
3.) Masukkan CD Installer Windows dan tunggu proses hingga selesai.

semoga bermanfaat buat sob.....

Tidak ada komentar: