Tips Dan Trik Praktis Jadi Tekhnisi Computer


Mainboard
Mainboard
Halo teman-teman semua apa kabar? mudah-mudahan baik semua ya... kali ini saya akan membahas artikel tentang Beberapa Tips Dan Trik Praktis Jadi Tekhnisi Computer
Tapi kalau sudah jadi tekhnisi yah saran ini paling tidak sekedar mengingatkan kita saja dalam melakukan tugas kita dan bagi yang belum jadi Tekhnisi (tahap belajar) mudah-mudahan Tips dan Trik ini bisa jadi Motivasi untuk menjadi yang lebih baik. 

Ini beberapa Tips dan Trik nya :
  1. Bertanya. Kita sebagai tekhnisi jangan pernah lupa menanyakan apa keluhan dari konsumen perihal tentang komputernya. Sering kita lupa menanyakan apa keluhan komputernya terhadap konsumen yang berakibat analisa yang kita lakukan tidak tepat pada sasaran. Dengan mendengarkan keluhan dari konsumen paling tidak kita sudah mempunyai satu tahap awal memprediksi kerusakan yang ada.
  2. Konsentrasi. Ini salah satu kendala bagi kita para tekhnisi, karena kita menganggap sudah lihai dalam hal service, kita lalai dalam penanganannya (sembarangan). yang bisa berakibat fatal pada bertambahnya masalah pada komputer yang timbul dikarenakan kelalaian tekhnisi itu sendiri. Berhati-hati dan teliti itu salah satu kunci bijak menjadi seorang tekhnisi.
  3. Mengerjakan Dengan Bertahap. Kita dalam menjalankan tugas sebagai pelayanan jasa service komputer kita sebaiknya bekerja tahap demi tahap.
Module Mainboard
Module Mainboard
Contoh : Kita Menerima Komputer No Display.
  • Tahap awal yang kita lakukan adalah pengecekan terhadap catu daya atau yang sering kita sebut dengan Power Supply. 
  • Kemudian setelah kita yakin Power Supply OK dilanjutkan pada tahap pengecekan terhadap Motherboard, ada tidak respon dari motherboard setelah kita memberikan Catu Daya, dengan cara mencabut Memory. 
  • Setelah kita tahu ada respon Motherboard dengan indikasi bunyi beep  pertanda meminta Memori, kemudian dilanjutkan dengan Memasang Memory itu kembali.
  • Kemudian dilanjutkan dengan tahap yang berikutnya. Sampai selesai

Dengan mengikuti 3 (tiga) Tips dan Trik diatas mudah-mudahan semua pekerjaan dapat kita lakukan dengan baik dan efisien. Menurut Dhicomp dalam bidang service diperlukan ketenangan, mengerti dan teliti di dalam melakukan pekerjaan adalah cara yang baik untuk diterapkan agar supaya kita dapat menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan tepat.

Buat teman-teman yang mempunyai Tips dan Trik yang lain boleh menambahkannya untuk kebaikan kita bersama tentunya.

Semoga Manfaat.

Tidak ada komentar: